Barang bekas yang seringkali menumpuk di rumah nyatanya bisa menjadi bahan baku untuk diolah menjadi barang kreasi yang bernilai ekonomi. Barang bekas di sini bukan hanya barang yang dijual kiloan ke pengepul. Atau barang yang dibiarkan begitu saja menumpuk di gudang.

Namun barang bekas yang dimaksud adalah barang yang sudah tidak digunakan lagi sesuai fungsi awalnya namun dapat dikreasikan menjadi barang lain yang bernilai. Memanfaatkan barang bekas menjadi karya seni bahkan telah menjadi lahan bisnis yang menghasilkan.

Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan

Berbisnis dengan memanfaatkan barang bekas bisa kita mulai dengan memproduksi beragam aksesoris, souvenir, perabotan rumah tangga hingga karya seni yang bernilai tinggi. Kreativitas dan inovasi adalah modal utama bagi kita apabila ingin berbisnis dengan cara memanfaatkan barang bekas.

Bisa saja, kreasi-kreasi yang tercipta dari barang bekas mempunyai keunikan dan rasa seni yang tinggi sehingga menarik banyak peminat. Sebelum memulai berbisnis dengan memanfaatkan barang bekas, mari kita mengetahui beberapa barang bekas yang bisa dijadikan sebagai bahan baku:


1. Botol Plastik
Botol bekas plastik sangat mudah ditemukan di mana-mana. Sejak inovasi minuman botol, botol plastik telah menyumbang sebagai sampah terbanyak di mana saja di seluruh dunia. Botol-botol ini bisa didaur ulang dengan mengumpulkannya dan menyetorkan ke pengepul. Oleh pengepul, botol ini akan dijual ke pabrik daur ulang untuk diolah menjadi botol plastik yang baru.
Sedangkan bagi perorangan, botol-botol ini bisa dibuat menjadi benda lain yang bermanfaat dan bernilai jual.

Dengan sentuhan artistik dan pewarnaan yang bagus, botol-botol bekas ini bisa dibuat sebagai tempat aksesoris yang menarik. Juga pohon hias atau lampu gantung bisa dibuat dari bagian bawah botol plastik yang memiliki kontur khas.


2. Kertas yang Tidak Terpakai
Kertas yang tidak lagi terpakai, seperti koran dan majalah tidak hanya bernilai ekonomi ketika kita jual ke pengepul barang bekas. Dengan sedikit usaha dan keuletan, maka kertas-kertas yang semula tidak bermanfaat bisa dijadikan karya seni yang bermanfaat.

Barang-barang yang bisa dihasilkan dari kertas koran/majalah misalnya wadah buah, tatakan gelas hingga bingkai cermin. Kertas koran digulung sedemikian rupa hingga kokoh agar bisa dibentuk mengikuti benda yang akan dibuat. Gulungan dan kepadatan menata kertas koran ini menentukan kekuatan benda yang akan dibuat. Sedangkan warna-warni pada huruf di koran memberi motif unik dan khas.


3. Sedotan Plastik
Sedotan sudah menjadi alat bantu bagi kita ketika mengkonsumsi minuman. Bahkan untuk anak-anak balita, sedotan menjadi alat yang harus ada agar mereka tertarik meminum dari gelas. Sedotan bekas ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan kreasi yang bernilai jual. Setelah dicuci bersih, sedotan ini dipotong-potong sesuai bentuk yang diinginkan.

Beberapa bentuk yang menarik dan artistik dari sedotan bekas adalah taplak meja, bunga plastik hingga miniatur sepeda yang unik untuk dipajang. Warna-warni sedotan menjadi salah satu daya tarik sehingga terkadang tidak dibutuhkan pengecatan lagi. Cukup menatanya secara artistik hingga menghasilkan benda dengan warna yang menarik.

Bahan bekas di atas adalah barang yang banyak ditemui dan sayangnya tidak banyak kepedulian untuk mengolahnya menjadi barang baru yang menarik dan bernilai jual. Dengan sedikit waktu dan keuletan maka selain mengurangi jumlah barang bekas, kita dapat menghasilkan barang baru yang bermanfaat dan bahkan bernilai jual.