Belajar meyulam tangan akan terasa sangat menyenangkan dan juga menenangkan, ditambah ini adalah salah satu kegiatan yang mudah untuk membuat karya seni yang indah dengan kain dan benang. Untuk memulai menyulam terkadang terasa seperti akan sulit untuk dilakukan, tapi sebetulnya kebanyakan pola hanya membutuhkan teknik-teknik sulaman dasar.

Baik kamu seorang yang baru memulai atau sudah sering menyulam dan membordir, jika kamu mempelajari beberapa teknik dasar dari menyulam ini, kamu akan segera bisa menyelesaikan semua pola menyulam yang kamu inginkan dalam waktu yang singkat.

Back Stitch

dasar menyulam - back stitch

Teknik menyulam dasar ini yang akan paling sering kamu gunakan. Sulaman jenis ini sangat berguna untuk segala jenis outlining, teknik back stitch juga akan cocok dipadukan dengan teknik-teknik lain menjadikan teknik ini adalah teknik menyulam yang penting untuk dipelajari.

Back stitch sangat mudah untuk dipelajari, kamu akan langsung jago menggunakannya hanya dengan beberapa kali percobaan. Teknik ini juga akan sangat cantik dipadukan di berbagai jenis tenunan sebagai dekorasi.

Running Stitch

running stitch

Adalah teknik menyulam yang bisa digunakan ketika kamu ingin membuat pola garis putus-putus, sangat baik untuk menambahkan detail di dalam sulaman. Ini juga yang menjadi dasar dari sulaman sashiko dari Jepang.

Meskipun bagian dari teknik dasar, running stitch dapat diadaptasikan di berbagai pola dan bisa menjadi teknik yang cukup kompleks. Sebagai contoh, kamu bisa mengganti polanya dengan mengubah panjang dan ruang di tiap garisnya, atau menambahkan baris kedua di antara sulaman pertama. Ini juga sulaman yang cocok dipadukan dengan kain tenunan.

Straight Stitch

Straight stitch atau sulaman lurus mungkin tidak membutuhkan banyak penjelasan karena sulaman ini sangat sederhana hanya memasukan jarum ke kain lalu masuk kembali dan terus berulang seperti itu. Tapi akan sangat berguna jika kamu mempelajari lebih jauh teknik ini karena banyak sekali pola yang bisa dibuat oleh teknik lurus ini.

Dengan sedikit kreatifitas, kamu bisa membuat pola bintang, tekstur-tekstur lucu seperti rumput dan bunga, dan lain sebagainya.

French Knot

dasar menyulam - french knot

Untuk sebagian penyulam, french knot adalah sebuah tantangan. Meski bisa dibilang sulit untuk dipelajari, tapi akan sangat berguna ketika kamu bisa menggunakannya. Tidak hanya sebagai teknik dasar menyulam, teknik ini juga bagus ketika digunakan untuk membuat tekstur isian atau elemen lain dari desain sulaman.

Teknik ini melibatkan langkah “mengikat” jarum untuk membentuk simpul di permukaan kain. Triknya adalah untuk menahan benang dengan kuat tapi jangan sampai terlalu kuat. Cobalah sesekali untuk berlatih!

Stem Stitch

dasar menyulam - stem stitch

Teknik dasar lainnya yang sangat sempurna untuk membuat outline yang halus dan lembut. Sangat cocok untuk membuat garis lurus atau melengkung. Gunakan teknik ini untuk setiap garis di sulaman kamu.

Sebagaimana teknik-teknik sulaman lain, kamu juga bisa bermain dengan ketebalan jahitannya atau bisa digunakan juga untuk mengisi sulaman. Hanya pastikan panjang sulaman selalu konsisten untuk hasil yang cantik.

Chain Stitch

Atau yang dikenal juga dengan sulam rantai adalah sulaman yang bisa kamu gunakan ketika kamu ingin garis yang lebih tebal di sulaman-mu. Teknik ini menciptakan barisan rantai yang terlihat mencolok.

Ada banyak macam teknik dari sulaman rantai ini dan selalu menjadi ide bagus untuk setidaknya mempelajari bagaimana cara membuat pola maju atau mundur. Setelah kamu menguasai teknik ini, coba juga variasi lainnya!